Eksekusi Pelaku Homoseks Dan Lesbian

Oleh : Amin Wahyu elfatraniy

Homoseksual (liwath) merupakan perbuatan asusila yang sangat terkutuk dan menunjukkan pelakunya seorang yang mengalami penyimpangan psikologis dan tidak normal. Berbicara tentang homoseksual di negara-negara maju, maka kondisinya sudah sangat memprihatinkan. Di negara-negara tersebut kegiatannya sudah dilegalkan. Yang lebih menyedihkan lagi, bahwa ‘virus’ ini ternyata juga telah mewabah di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

Bagaimana sesungguhnya masalah besar ini menurut kacamata Islam? Apa ancaman yang akan diterima pelakunya? Beberapa uraian berikut akan merangkum pendapat Imam Ibn al-Qayyim di dalam bukunya, ad-Dâ’Wa ad-Dawâ.

Dalam pembahasan yang lalu sudah kami paparkan Ulasan Argumentasi Masalah tentang permasalahan hukuman pelaku homoseksual. Bahwasannya sudah menjadi kesepakatan   Ulama atas keharaman perbuatan homoseksual dan lesbian. Mereka akan mendapatkan hukuman (had) bunuh di dunia. Namun para ulama berbeda pendapat dalam pelaksanaan hukuman bunuh bagi pelakunya. Perbedaan itu dapat di klarifikasikan sebagai berikut:

  1. Dibakar.

Terdapat riwayat yang valid dari Khalid bin al-Walid radhiyallahu ‘anhu bahwa ia pernah menemukan di suatu daerah pinggiran perkampungan Arab seorang laki-laki yang menikah dengan sesamanya layaknya wanita yang dinikahkan. Maka, ia pun mengabarkan hal itu kepada Abu Bakar ash-Shiddiq radhiyallahu ‘anhu. Lalu beliau meminta pendapat para shahabat yang lain, di antaranya ‘Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu yang mengambil pendapat yang sangat tegas. Ia mengatakan, “Menurutku, hukumannya dibakar dengan api.” Maka Abu Bakar pun mengirimkan balasan kepada Khalid bahwa hukumannya ‘dibakar.’

Abu Bakar berkata: “ keduanya dibunuh dengan pedang sebagai hukuman had di dunia, kemudian kedua palakunya dibakar dengan api sebagai balasan keduanya dan sebagai pelajaran bagi selainnya.”

Berkata Al-Hafidz Al-Mundhiri: “Abu Bakar, Ali bin Abi Thalib, Abdullah bin Zubair, dan Hisam bin Abdul Malik Radhiyallahu ‘Anhum membakar dengan api para pelaku homoseksual. Mereka lakukan itu semua setelah mereka bunuh kedua palakunya  dengan pedang atau dengan cara rajam dengan batu.”[1]

  1. 2. Dilempar dengan Batu Setelah Dijungkalkan dari Tempat Yang Tinggi.

‘Abdullah bin ‘Abbas radhiyallahu ‘anhu berkata, “Perlu dicari dulu, mana bangunan yang paling tinggi di suatu perkampungan, lalu si homoseks dilempar darinya dengan posisi terbalik, kemudian dibarengi dengan lemparan batu ke arahnya.” Ibnu ‘Abbas zmengambil hukuman (Hadd) ini sebagai hukuman Allah subhanahu wata’ala atas homoseks.

Bukan Hanya Pelaku Utamanya Saja yang Dihukum, Ibn ‘Abbas-lah yang meriwayatkan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam sabda beliau, “Siapa saja yang kalian dapati melakukan perbuatan kaum Luth (homoseksual), maka bunuhlah si pelaku (yang mengajak) dan orang yang dilakukan terhadapnya (pasangan).” (Diriwayatkan oleh para pengarang kitab as-Sunan, dinilai shahih oleh Ibn al-Qayyim.

  1. 3. Di rajam

Pendapat inilah yang dianggap mendekati kepada kebenaran. Yaitu pelaku homoseksual mendapatkan hukuman hadd di rajam secara mutlak, baik pelakunya muhsan maupun ghairu muhshan. Karena Allah telah mensyari’atkan hukuman jaram pada ummat terdahulu. Sebagaimana ayat yang berkenaan dengan kaum Luth:

لِنُرْسِلَ عَلَيْهِمْ حِجَارَةً مِّن طِينٍ

“Agar kami timpakan kepada mereka batu-batu dari tanah.”(Adz-Dzariyaat: 33)[2]


[1].  Abdurrahman Al-Jaziriy, Al-FIqhu ‘Ala Al-Madzahib Al-Arba’ah,(Dar Al-Taqwa.2003), jilid 4, hal.105

[2] . Ibid, hal. 106

One Response to Eksekusi Pelaku Homoseks Dan Lesbian

  1. […] Berkata Al-Hafidz Al-Mundhiri: “Abu Bakar, Ali bin Abi Thalib, Abdullah bin Zubair, dan Hisam bin Abdul Malik Radhiyallahu ‘Anhum membakar dengan api para pelaku homoseksual. Mereka lakukan itu semua setelah mereka bunuh kedua palakunya  dengan pedang atau dengan cara rajam dengan batu.”[1] […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: